Tips Memilih Aplikator Baja Ringan

Desainrumahminimalis - Tips Memilih Aplikator Baja Ringan - Rangka atap baja ringan makin mudah ditemukan di pasaran. Merek yang ditawarkan pun bejibun yang mungkin membuat Anda bingung, karena perusahaan yang mengiklankan dan menawarkannya makin banyak. Kita tidak tahu apakah perusahaan itu pabrikan, fabrikator/aplikator, atau sekedar perakit rangka atap dengan sembarang profil baja ringan.

Menurut seorang pemborong di Pondok Aren, Tangerang, sekarang pemasaran rangka baja ringan dilakukan melalui banyak saluran. Kerawanannya, penjelasan  pemasar mengenai spesifikasi produk tidak lengkap dan akurat. Profil baja ringan yang dipakai pun bisa apa saja. Saat menawarkan yang disebut merek tersohor, tapi saat aplikasi yang dipakai produk lain untuk menekan harga.

Karang Pilang Trus
Karang Pilang Trus
Konsumen pun tidak mengecek kebenarannya, karena sudah tergiur dengan harga yang miring. Padahal, pemeriksaan itu penting karena tidak sedikit ditemukan kasus rangka atap baja ringan yang roboh. Sementara sampai saat ini belum ada standar konstruksi baja ringan di Indonesia

Lafarge Roofing
Lafarge Roofing
Peran fabrikator
Karena rangka baja ringan sangat berbeda dengan kayu, pemasangannya harus dilakukan oleh mereka yang ahli dengan memperhitungkan struktur, denah, dan rencana pembebanan pada atap. Perhitungan dilakukan secara computerize dengan software khusus.

Setiap merek memiliki software berbeda. Smartruss (PT BlueScope) misalnya, memakai Supracadd, Steeltruss (PT Alsun Suksesindo) menggunakan framecad pro, Pryda Steelfast memiliki Pryda Roof. Profil rangka dari merek A hanya bisa dianalisis dan didesain dengan software dari merek yang sama.

Karena itu pemesanan sebaiknya dilakukan kepada fabrikator (penjual, perakit, pemasang) resmi. Anda bisa menanyai pabrikan-pabrikan itu untuk mengetahui fabrikatornya. Jika langsung berhubungan dengan fabrikator/aplikator, minta mereka menunjukkan sertifikat sebagai fabrikator/aplikator resmi. Baik juga melakukan survei langsung ke proyek yang sedang dikerjakan aplikator agar lebih yakin dengan kualitas pekerjaannya.


Tetap awasi
Steeltruss
Steeltruss
Fabrikator adalah distributor resmi yang memiliki tim aplikator (pelaksana)  terlatih. Setiap fabrikator tidak harus menjadi anak perusahaan atau mengantongi lisensi seperti franchise. Biasanya, fabrikator memberi garansi material dan struktur untuk setiap aplikasi yang dikerjakannya. Ada juga garansi pabrikan menyangkut kualitas bahan plat baja dan coating-nya. Karangpilang Truss misalnya, memberi garansi dari karat dan korosi terhadap coating bajanya selama 15 tahun dan garansi struktur tiga tahun.

Bisa saja sebuah perusahaan berfungsi sebagai pabrikan sekaligus fabrikator.  Alsun adalah pabrikan karena memiliki pusat slitting (pembelahan) dan forming (pembentukkan) sendiri. Tapi, Karangpilang Truss yang bekerjasama dengan PT Krakatau Steel untuk suplai material dan PT Tumbak Mas untuk bahan coating, bertindak sebagai pabrikan sekaligus fabrikator.

Mengawasi proses aplikasi amat penting karena selain rawan pencurian bracing, kadang aplikator juga suka mengurangi spek. Pemborong di Pondok Aren itu pernah mengalaminya saat mengerjakan rumah di Fatmawati, Jakarta Selatan. “Dalam PO (purchasing order) rentang kaso disepakati 98 cm, tapi saat dipasang diubah menjadi 120 cm. Saya protes, minta diganti sesuai PO. Coba kalau nggak diawasi, pasti keterusan,“ katanya.

Sebelum rangka atap ditutup dengan genteng, cek lagi ada tidak bagian yang melendut. Pastikan struktur rangka atap baja ringan yang dipasang sesuai dengan jenis penutup atap yang digunakan.

Sistem pemasangan dan harga
Ada dua sistem pemasangan rangka atap baja ringan: prefabrikasi dan langsung di tempat. Pada sistem prefabrikasi rangka kuda-kuda sudah dibentuk di pabrik menggunakan mesin. Keunggulannya, setiap sambungan terjamin kekuatannya dan presisi. Sampai di proyek sudah berbentuk segitiga.

Tapi, prefabrikasi  ini memiliki kelemahan, terutama tidak bisa mengatasi kegagalan dalam pembangunan. Soalnya, sering terjadi selisih ukuran antara gambar denah rencana atap dan kondisi di lapangan.

Sementara sistem pemasangan di tempat lebih mudah melakukan penyesuaian struktur kuda-kuda dengan kondisi di lapangan. Proses perakitan dilakukan di lokasi mengacu pada gambar kerja dan cutting list sesuai perhitungan software. Kelemahannya, bila cuaca kurang bagus proses perakitan bisa terhenti.

Lamanya waktu pemasangan sangat tergantung volume dan tingkat kesulitan atap. Steeltruss dapat mengerjakan rangka atap seluas 200 m2 untuk rumah tinggal dalam 3-4 hari. Sedangkan Karangpilang Truss untuk aplikasi seluas 100 m2 kurang dari tujuh hari
Sumber: Housing-estate.com

Anda ingin mencari kebutuhan bahan bangunan untuk rumah anda dengan harga murah? silahkan langsung berkunjung ke supplier bahan bangunan.